ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Rahmadani, Muthia dan Elvianasti, Mega (2021) ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Muthia Rahmadani.pdf]
Preview
Text
Muthia Rahmadani.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan TPACK yang dimiliki oleh calon guru biologi pada pembelajaran jarak jauh melalui tiga aspek utama yaitu Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Content Knowledge (CK).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi TK, CK, dan PK, video pembelajaran jarak jauh calon guru biologi, lembar penilaian RPP, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan TK calon guru biologi berada pada kriteria baik dengan persentase 80%, kemampuan PK calon guru biologi berada pada kriteria baik dengan persentase 77,27%, dan kemampuan CK calon guru berada pada kriteria baik dengan persentase 80,94%. Sehingga, dapat disimpulkan ketiga aspek TPACK calon guru biologi berada pada kriteria baik, dimana interpretasi paling tinggi yaitu pada kemampuan TK, dan interpretasi paling rendah yaitu pada kemampuan PK.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:52
Last Modified: 10 Jul 2023 08:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24998

Actions (login required)

View Item View Item