KEANEKARAGAMAN JENIS HERPETOFAUNA DI RESORT TEGALLEGA DAN RESORT SARONGGE KAWASAN TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO JAWA BARAT

Iqbal, Muhammad dan Sukandar, Paskal (2021) KEANEKARAGAMAN JENIS HERPETOFAUNA DI RESORT TEGALLEGA DAN RESORT SARONGGE KAWASAN TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO JAWA BARAT. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of MUHAMMAD IQBAL.pdf]
Preview
Text
MUHAMMAD IQBAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Herpetofauna Merupakan penjaga ekosistem dan penjaga keseimbangan rantai makanan di alam. Resort Tegallega dan Resort Sarongge merupakan desa yang memiliki kekayaan alam yang besar sehingga perlu adanya riset dan pemahaman tentang keanekaragaman jenis herpetofauna. Metode penelitian ini menggunakan Visual Encounter Survey yang dikombinasikan dengan Transek garis sepanjang 800 meter dengan tiga kali pengulangan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Juni 2021. Analisis data merujuk pada indeks ekologi berupa indeks Keanekaragaman, kelimpahan, kemerataan dan dominansi. Hasil data yang ditemukan di semua lokasi penelitian ditemukan 37 jenis dari 15 famili dan 33 genus. Indeks keanekaragaman di Resort Tegallega 5,114 dengan kriteria tinggi dan di Resort Sarongge 1,807 dengan kriteria sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor lingkungan yaitu suhu, kelembapan dan ph menjadi pengaruh besar untuk keberadaan herpetofauna, bukan hanya itu kerusakan lingkungan yang juga habitat dari herpetofauna juga menjadi pengaruh besar terhadap keberadaan herpetofauna.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:52
Last Modified: 10 Jul 2023 08:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24996

Actions (login required)

View Item View Item