Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi

Salsabilah, Hanum dan Akbar, Budhi (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Hanum Salsabilah.pdf]
Preview
Text
Hanum Salsabilah.pdf

Download (799kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan keterampilan ilmiah yang dimiliki oleh setiap individu, namun keterampilan tersebut tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan. Pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Muhammadiyah 8 Ciputat masih berfokus pada guru dan kurang melatih dan membiasakan peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi. Hal tersebut menyebabkan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki peserta didik masih rendah. Berkenaan dengan masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat pada kelas XI untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, yaitu XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model problem based learning dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model secara konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji-t.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung = 6,82 > ttabel = 2,04. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:52
Last Modified: 10 Jul 2023 08:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24977

Actions (login required)

View Item View Item