ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UHAMKA PADA MATERI ANATOMI TUMBUHAN BERBASIS PRAKTIKUM

Anjarwati, Ayu Rengga dan Safahi, Luthpi (2021) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UHAMKA PADA MATERI ANATOMI TUMBUHAN BERBASIS PRAKTIKUM. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Ayu Rengga Anjarwati.pdf]
Preview
Text
Ayu Rengga Anjarwati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada abad 21 menuntut guru untuk menguasai beberapa kemampuan
salah satunya adalah kemampuan keterampilan proses sains, hal ini bertujuan agar
guru dapat mengembangkan dan menerapkan keterampilan proses sains dalam
proses pembelajaran di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh
mana kemampuan keterampilan proses sains yang dikuasai mahasiswa Pendidikan
Biologi FKIP UHAMKA pada materi anatomi tumbuhan berbasis praktikum. Studi
ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 hingga Februari 2021 secara online.
Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi semester 4
dengan jumlah 55 mahasiswa yang dipilih secara sampling jenuh. Instrumen yang
digunakan adalah instrumen tes keterampilan proses sains dan angket untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains
mahasiswa. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan proses
sains mahasiswa termasuk kategori cukup dengan persentase sebesar 48,86%.
Kesembilan indikator yang diteliti memperoleh persentase sebagai berikut:
indikator mengajukan pertanyaan 27,87%, indikator klasifikasi 34,09%, indikator
merencanakan percobaan 44,84%, indikator komunikasi 46,06%, indikator
hipotesis 49,54%, indikator observasi 50,90%, indikator prediksi 60,60%, indikator
interpretasi 61,21%, dan indikator aplikasi 83,03%. Kemampuan keterampilan
proses sains mahasiswa Pendidikan Biologi tergolong cukup baik dengan dua dari
sembilan indikator keterampilan proses sains yang paling dikuasai mahasiswa yaitu
indikator aplikasi 83,03% dan interpretasi 61,21%. Kemampuan keterampilan
proses sains mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: faktor dosen,
faktor mahasiswa, dan faktor sarana prasarana

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:51
Last Modified: 10 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24964

Actions (login required)

View Item View Item