PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SIGIL PADA MATERI PLANTAE (Penelitian Research & Development pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah Cileungsi)

Ushwatunnisa, Aprilia dan Hutari, Andri (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SIGIL PADA MATERI PLANTAE (Penelitian Research & Development pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah Cileungsi). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Aprilia Uswatunnisa.pdf]
Preview
Text
Aprilia Uswatunnisa.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini beranjak dari pemikiran perlunya modul digital di era kemajuan teknologi
informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian untuk
mengembangan e-modul interaktif berbasis sigil pada materi plantae dengan mengetahui
kelayakan e-modul dan respon peserta didik. Pengembangan produk menggunakan metode
penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang menggunakan model
ADDIE meliputi 5 tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Subjek penelitian adalah 41 siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Cileungsi.
Hasil implementasi berupa data hasil validasi oleh validator, data angket respon siswa
sebagai pengguna. Berdasarkan hasil penelitian antara lain: validasi ahli materi mendapat
skor 91% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media mendapat skor 75% dengan
kategori layak, penilaian oleh guru 81,11% dengan kategori sangat setuju, dan skor uji coba
produk pada peserta didik yaitu 85,39%. Produk yang dikembangkan diberi nama SIPHYTA
(Sigil of Phyta) telah memenuhi syarat kelayakan sehingga e-modul interaktif berbasis sigil
pada materi plantae layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan mendapat
respon positif atau baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:51
Last Modified: 10 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24960

Actions (login required)

View Item View Item