HUBUNGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KEMAMPUAN MEMBUAT TABEL DENGAN KEMAMPUAN MEMBUAT GRAFIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SEMESTER GANJIL

Delvira, Alfi dan Akbar, Budhi (2021) HUBUNGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KEMAMPUAN MEMBUAT TABEL DENGAN KEMAMPUAN MEMBUAT GRAFIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SEMESTER GANJIL. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Alfi Delvira.pdf]
Preview
Text
Alfi Delvira.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan indikator KPS kemampuan membuat tabel dengan kemampuan membuat grafik serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Jonggol pada tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Mei hingga Juni 2021. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 7 kelas dengan total sebanyak 240 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 72 siswa dari 30% populasi dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah sebanyak 30 butir soal yang terdiri dari 15 butir soal kemampuan membuat tabel dan 15 butir soal kemampuan membuat grafik pada materi sel, jaringan tumbuhan, jaringan hewan, sistem gerak, dan sistem sirkulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan hubungan kemampuan membuat tabel dengan kemampuan membuat grafik memiliki regresi linier (Fhit 1,48 < Ftabel 2,58) dengan persamaan regresi y = 44,93 + 0,31x. Kemampuan membuat tabel dan kemampuan membuat grafik siswa masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata kemampuan membuat tabel sebesar 60,65 dan kemampuan membuat grafik sebesar 63,8. Uji hipotesis menunjukkan rhitung = 0,33 > rtabel = 0,227, pada α = 5% yang berarti kedua variabel memiliki korelasi yang signifikan dengan tingkat hubungan dalam kategori rendah. Kontribusi kemampuan membuat tabel terhadap kemampuan membuat grafik sebesar 11%. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan KPS kemampuan membuat tabel dengan kemampuan membuat grafik dengan kategori rendah di SMA Negeri 1 Jonggol.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:51
Last Modified: 10 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24952

Actions (login required)

View Item View Item