Pengaruh Suku Bunga, Nilai Tukar, dan Return On Asset (ROA) terhadap Harga Saham Industri Perbankan yang Terdaftar Indonesia

Wulandari, Niken (2022) Pengaruh Suku Bunga, Nilai Tukar, dan Return On Asset (ROA) terhadap Harga Saham Industri Perbankan yang Terdaftar Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MANAJEMEN_1802025389_NIKEN WULANDARI.pdf]
Preview
Text
FEB_MANAJEMEN_1802025389_NIKEN WULANDARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Suku Bunga, Nilai Tukar dan Return On Assets, terhadap Harga Saham. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Suku Bunga, Nilai Tukar, Return On Assets, dan Harga Saham pada industri perbankan di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2020 dengan jumlah sampel lima belas perusahaan melalui metode purposive sampling. Data yang diolah adalah data sekunder yang diperoleh peneliti melalui laporan tahunan dari objek penelitian. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan suku bunga, nilai tukar, dan return on asset tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham perbankan sedangkan secara parsial suku bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, nilai tukar dan return on assets tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham hal tersebut di dukung oleh hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R-square) dinyatakan bahwa variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 3,2% dan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar variabel penelitian ini. Oleh karena itu, disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan variabel independen lainnya yang terkait dengan harga saham seperti earning per share, price to book value dan lainnya. Diharapkan juga untuk memilih periode dan kriteria penarik sampel yang berbeda sehingga mampu menghasilkan sampel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:09
Last Modified: 17 Apr 2023 03:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24919

Actions (login required)

View Item View Item