Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2016-2020

Widya, Putri (2022) Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2016-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MANAJEMEN_1802025116_PUTRI WIDYA.pdf]
Preview
Text
FEB_MANAJEMEN_1802025116_PUTRI WIDYA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap harga saham pada perusahaan food and beverage di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 7 perusahaan. Salah satu kriteria yang pernah masuk dalam pengambilan sampel ini adalah perusahaan food and beverage yang ada di Bursa Efek indonesia (BEI). Data Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), Debt To Equity Ratio (DER) dan harga saham pada penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan yang diunduh dari www.idx.co.id. Penelitian ini dihitung dan dianalisis menggunakan software SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Earning Per Share (EPS) dan Return On Asset (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Pada Current Ratio (CR) berpengaruh negatif signifikan. Sedangkan Debt To Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), dan Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Jumlah pengaruh yang disebabkan oleh variable-variabel ini adalah 21% sisanya dijelaskan oleh variable lainnya. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya menggunakan variable-variabel lainnya untuk meneliti pengaruh terhadap harga saham seperti inflasi, kepemilikan institusional, kurs, suku bunga dan variable-variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:46
Last Modified: 14 Apr 2023 07:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24831

Actions (login required)

View Item View Item