Pengaruh Non Performing Financing, Financing To Deposit Ratio dan Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional terhadap Return On Assets yang Dimediasi oleh Capital Adequacy Ratio (Studi Kasus Bank Umum Syariah 2018 – 2021)

Dwi Putri, Nabila (2022) Pengaruh Non Performing Financing, Financing To Deposit Ratio dan Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional terhadap Return On Assets yang Dimediasi oleh Capital Adequacy Ratio (Studi Kasus Bank Umum Syariah 2018 – 2021). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKONOMI ISLAM_1802055002_NABILA DWI PUTRI -.pdf]
Preview
Text
FEB_EKONOMI ISLAM_1802055002_NABILA DWI PUTRI -.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Non Performing Financing, Financing to Deposit Ratio, Biaya Operasional Pendapatan Operasional terhadap Return On Assets apabila melaui Capital Adequacy Ratio sebagai variabel intervening. Dengan dilatar belakangi adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor kesehatan dan perekonomian sehingga mendorong perbankan untuk mengevaluasi kinerja bank dalam menghasilkan profit dan menutupi kerugian yang akan terjadi. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan populasi Bank Umum Syariah yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan dan menggunakan purposive sampling dalam pemilihan sampel yang akan diteliti sehingga didapatkan 8 perusahaan. Pada pengolahan dan analisis data, penelitian ini menggunakan software Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti bahwa setelah Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Return On Assets (ROA) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) di hitung ke dalam Software Eviews 10, hasil menunjukkan jika berdasarkan persamaan pertama secara parsial, variabel NPF dan FDR tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap CAR, variabel BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap CAR. Secara simultan variabel NPF, FDR, BOPO berpengaruh dan signifikan terhadap CAR. Berdasarkan persamaan kedua secara parsial, variabel NPF, FDR, dan CAR tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap ROA, sedangkan variabel BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. pada pengujian Secara simultan variabel NPF, FDR, BOPO, dan CAR berpengaruh dan signifikan terhadap ROA. Berdasarkan uji path analysis, variabel CAR tidak mampu memediasi pengaruh NPF, dan FDR terhadap ROA. namun variabel CAR mampu memediasi pengaruh BOPO terhadap ROA

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:53
Last Modified: 13 Apr 2023 07:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24706

Actions (login required)

View Item View Item