Nida Nur Aida, Analisis Penerapan Akad Murabahah pada Pembiayaan Pemilikan Rumah Indent (Studi Kasus pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Bendungan Hilir). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

Aida,, Nida Nur (2020) Nida Nur Aida, Analisis Penerapan Akad Murabahah pada Pembiayaan Pemilikan Rumah Indent (Studi Kasus pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Bendungan Hilir). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025046_NIDA NUR AIDA.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025046_NIDA NUR AIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan akad murabahah pada pembiayaan pemilikan rumah indent di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Bendungan Hilir sudah sesuai dengan kaidah fiqih jual beli murabahah dan Fatwa DSN-MUI dan untuk mengetahui apa akad yang lebih relevan untuk digunakan dalam pembiayaan pemilikan rumah indent pada produk BNI Griya iB Hasanah di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Bendungan Hilir.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Peneliti menggunakan metode penelitian studi kasus dengan teknik analisis triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, maka didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: Penerapan akad murabahah pada pembiayaan pemilikan rumah indent di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Bendungan Hilir telah dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan akad, pemberian kuasa, harga, diskon, uang muka, pengadaan objek, kepemilikan objek, serah terima objek, potongan, dan langkah-langkah yang diambil dalam penyelesaian terhadap nasabah yang tidak bisa menyelesaikan/ melunasi kewajiban telah dijalankan sesuai dengan kaidah fiqih jual beli murabahah dan juga Fatwa Dewan Syariah Nasional-MUI. Akad murabahah merupakan akad yang paling relevan untuk digunakan dalam pembiayaan pemilikan rumah indent pada produk BNI Griya iB Hasanah, karena skema yang dijalankan dalam pembiayaan ini telah sesuai dengan skema jual beli murabahah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:06
Last Modified: 13 Apr 2023 07:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24679

Actions (login required)

View Item View Item