Presentasi Diri Perempuan Pekerja Restoran Berhijab (Studi Kasus Karyawan Solaria Thamrin City Jakarta )

Abdul Rasyiddin, Dani (2020) Presentasi Diri Perempuan Pekerja Restoran Berhijab (Studi Kasus Karyawan Solaria Thamrin City Jakarta ). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1506015033_ DANI ABDUL RASYIDDIN.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1506015033_ DANI ABDUL RASYIDDIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Presentasi diri merupakan proses penciptaan pesan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan. Strategi presentasi, Pengelolaan kesan yang dibuat, terjadi presentasi diri pada panggung depan.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan teori presentasi diri. Pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk panggung depan karyawan yang terlibat di restoran Solaria menggunakan sebuah topeng dan diperankan di atas panggung pertunjukan dengan latar panggung pertunjukkan mereka adalah Restoran Solaria Thamrin City Jakarta. Keenam informan mempunyai tujuan yang sama tetapi ada perbedaan di ruang lingkupnya sebagai pembentukan diri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah karyawan di Restoran berhijab Solaria ini melakukan strategi serta pengelolaan kesan pada panggung depan presentasi dirinya baik itu menyikapi maupun menampilkannya.
Secara akademis penelitian ini memproyeksikan konteks presentasi diri. Kontribusi metodologis, mengembangkan metode penelitian studi kasus, kontribusi sosial, dengan pembentukan diri setiap orang melakukan presentasi pada strategi dan pengelolaan kesan. Kontribusi praktis lebih berfikir pada dampak strategi dan pengelolaan kesan. Peneliti menyarankan pada penelitian selanjutnya menggunakan teori dramaturgi agar hasil dapat spesifik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:01
Last Modified: 13 Apr 2023 07:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24677

Actions (login required)

View Item View Item