Analisis Penilaian Performansi Emiten di Pasar Modal Syariah Berbasis Suistanable and Responsible Investment dengan Model Rasio Tobin's Q

Pramudana Koesdijanto, Vito (2021) Analisis Penilaian Performansi Emiten di Pasar Modal Syariah Berbasis Suistanable and Responsible Investment dengan Model Rasio Tobin's Q. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKONOMI ISLAM_1802055_VITO PRAMUDANA K.pdf]
Preview
Text
FEB_EKONOMI ISLAM_1802055_VITO PRAMUDANA K.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui performa keuangan perusahaan yang tercatat di dalam Jakarta Islamic Index (JII) sekaligus indeks Sri-Kehati dari tahun 2016 sampai 2020 melalui rasio Tobin’s Q pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel independen dari penelitian ini ialah ROA, ROE, dan Revenue serta variabel dependen rasio Tobin’s Q . Objek pengamatan yaitu emiten yang tercatat di dalam JII sekaligus indeks Sri-Kehati. Data penelitian menggunakan data sekunder berupa data panel dari laporan keuangan setiap kuartal emiten terpilih dan dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya. Teknik pengolahan data menggunakan alat bantu olah data e-views untuk menganalisis regresi linier berganda lengkap beserta berbagai parameternya. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa setiap perusahaan telah memperhatikan aspek lingkungan pada kegiatan usahanya melalui keunggulannya masing-masing. Perusahaan yang terseleksi (INDF, KLBF, TLKM, WIKA) sesuai dengan syarat kebutuhan penelitian menghasilkan persamaan regresi linier berganda Tobin’s Q = 1.601352 + 0.4347586 ROA – 0.1222357 ROE – 0.018830 REVENUE. Secara parsial ROA berpengaruh positif signifikan kepada tobin’s Q, ROE berpengaruh negatif signifikan kepada tobin’s Q dan Revenue berpengaruh negatif signifikan kepada tobin’s Q. Secara simultan variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk calon investor pasar modal syariah dalam mengambil keputusan investasi juga mempertimbangakan Suistainable and Responsible Investment (SRI). Karena penelitian ini berhasil membuktikan bahwa memperhatikan etika bisnis berwawasan lingkungan yang sesuai dengan prinsip agama mampu menunjang kegiatan usaha yang berkelanjutan dan pada emiten mampu menunjukan performa keuangan yang maksimal sekaligus berupaya melestarikan sumber daya alam. Pada penelitian selanjutnya diharapkan mampu menambah atau mengganti variabel untuk menghasilkan analisis yang lebih baik dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:22
Last Modified: 13 Apr 2023 06:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24658

Actions (login required)

View Item View Item