Asha Rezky Hadlaraty, “Strategi Penyelesaian Pembiayaan Kredit Macet yang Disebabkan Faktor Ekonomi Nasabah Pemibiayaan Pemilikan Rumah di BJB Syariah Depok”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

Hadlaraty,, Asha Rezky (2020) Asha Rezky Hadlaraty, “Strategi Penyelesaian Pembiayaan Kredit Macet yang Disebabkan Faktor Ekonomi Nasabah Pemibiayaan Pemilikan Rumah di BJB Syariah Depok”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025041_ASHA REZKY HADLARATY.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025041_ASHA REZKY HADLARATY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi penyelesaian pembiayaan kredit macet karena faktor ekonomi, faktor-faktor yang mempengaruhi serta penyebab masalah timbulnya kredit macet, dan strategi penyelesaian kredit macet dalam pembiayaan pemilikan rumah. Secara metodelogis, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Metode analisis data menggunakan metode `Grounded Researchi Grounded theory. Hasil analisis data wawancara menunjukan bahwa strategi penanganan pembiayaan kredit macet yang disebabkan faktor ekonomi nasabah adalah dengan melakukan penagihan melalui via telepon/ whatsapp untuk memberikan peringatan pertama atau mengedukasi nasabah, melakukan pengajuan restrukturisasi, perjanjian ulang atau tanda tangan addendum, dan yang terakhir dilakukan litegasi atau pelelangan pada agunan nasabah jika nasabah tersebut sudah tidak mampu lagi membayar tagihan atau sudah tidak koperatif lagi. Faktor yang mempengaruhi pembiayaan kredit macet saat ini karena faktor internal dan faktor eksternal, sedangkan yang menjadi akar masalah dalam pembiayaan kredit macet yaitu penghasilan nasabah menurun dan di diberhentikan dari pekerjaan karena pandemi ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:41
Last Modified: 13 Apr 2023 04:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24615

Actions (login required)

View Item View Item