Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kehalalan Produk terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs Jual Beli Shopee

Aqso, Nazmul (2020) Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kehalalan Produk terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs Jual Beli Shopee. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKONOMI ISLAM_1802055_Nazmulaqso.pdf]
Preview
Text
FEB_EKONOMI ISLAM_1802055_Nazmulaqso.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara faktor promosi, kepercayaan dan kehalalan produk pada keputusan pembelian secara online di Shopee. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah promosi (X1), kepercayaan (X2) dan kehalalan produk (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA yang pernah membeli secara online di Shopee. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel dengan metode teknik pengambilan data dengan kuesioner atau yang disebut dengan instrumen penelitian. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Statistik Versi 24 yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji ketetapan model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada faktor eksternal yaitu promosi (X1) dan kepercayaan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online di Shopee. Hal ini terjadi karena promosi yang ditawarkan oleh marketplace Shopee kepada calon pembelinya dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Dan kepercayaan yang diberikan oleh pihak Shopee kepada calon pembeli dapat membuat calon pembeli yakin untuk melakukan keputusan pembelian secara online di Shopee. Sedangkan kehalalan produk (X3) secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online di Shopee. Oleh karena itu, disarankan kepada calon pembeli yang ingin melakukan keputusan pembelian ada baiknya jika mengetahui produk-produk yang dipromosikan di marketplace Shopee secara detail sehingga dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan dan rasa kepercayaan terhadap produk yang dipromosikan. Dan juga mengetahui faktor-faktor internal dari Shopee seperti kehalalan produk yang dijual dan selain itu seperti variabel penelitian yang meliputi promosi dan kepercayaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:26
Last Modified: 13 Apr 2023 04:26
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24609

Actions (login required)

View Item View Item