Analisis Fraud Diamond Theory dalam Mendeteksi Kecurangan Laporan Keuangan pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020

Aprilia, Ayu (2022) Analisis Fraud Diamond Theory dalam Mendeteksi Kecurangan Laporan Keuangan pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015255_AYU APRILIA.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015255_AYU APRILIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Financial Target, Financial Stability, External Pressure, Institutional Ownership, Ineffective Monitoring, Quality of External Auditor, Change in Auditor, dan Change of Director terhadap Kecurangan Laporan Keuangan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 8 sampel perusahaan perbankan berdasarkan hasil purposive sampling. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Financial Target dan Financial Stability berpengaruh signifikan terhadap Keurangan Laporan Keuangan. sedangkan External Pressure, Institutional Ownership, Ineffective Monitoring, Quality of External Auditor, Change in Auditor, dan Change of Director tidak berpengaruh signifikan terhadap Kecurangan Laporan Keuangan. Secara simultan Financial Target, Financial Stability, External Pressure, Institutional Ownership, Ineffective Monitoring, Quality of External Auditor, Change in Auditor, Change of Director berpengaruh signifikan terhadap variabel Kecurangan Laporan Keuangan dengan nilai Adjusted R-square (R2) sebesar 75,1% dan sebesar 24,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini, seperti Personal Financial Need, Nature of Industry, Frequent Number of CEO’s Picture. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi perusahaan agar sekiranya dapat dijadikan rujukan dalam menjalankan operasional perusahaan dengan memperhatikan hutang, memperketat pengawasan, menggunakan jasa KAP yang memiliki SDM yang berkompeten dan yang paling penting memperhatikan target laba serta stabilitas keuangan agar tidak terjadinya Kecurangan Laporan Keuangan yang dapat merugikan perusahaan. Untuk calon investor, sebelum berinvestasi perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya manipulasi Laporan Keuangan agar tidak menyesatkan investor. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan variabel selain yang digunakan dalam penelitian ini, memperluas populasi, menambah sampel, rentang waktu pengamatan, dan menggunakan model pengukuran Kecurangan Laporan Keuangan yang lain seperti Beneish M-Score, Beneish F-Score, dan Altman ZScore.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:35
Last Modified: 11 Apr 2023 07:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24301

Actions (login required)

View Item View Item