Pengaruh Insentif Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada kpp Pratama Jakarta Cakung Satu)

Trie Hastuti, Rhany (2022) Pengaruh Insentif Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada kpp Pratama Jakarta Cakung Satu). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015237_RHANY TRIE HASTUTI-1 -.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015237_RHANY TRIE HASTUTI-1 -.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Insentif Pajak (X1), Sistem Modernisasi Administrasi (X2), Sanksi Pajak (X3) terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Y) pada KPP Pratama Jakarta Cakung Satu. Variabel yang di teliti yaitu Insentif Pajak, Sistem Modernisasi Sistem Administrasi, Sanksi Pajak sebagai variabel bebas dan Kepatuhan Wajib Pajakn UMKM sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Wajib Pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Cakung Satu. Sampel yang digunakan sebagai responden yaitu Wajib Pajak UMKM yang memenuhi kriteria sampel sebanyak 154 UMKM. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Cakung Satu. Pengolahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis statistik deskriptif dan Analisis Regresi Linier berganda, yang diolah dari data primer dengan menggunakan SPSS versi 26. Secara parsial hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Insentif Pajak memiliki nilai signifikansi t 0,04 < 0,05, Modernisasi Sistem Administrasi memiliki nilai signifikansi t 0,00 < 0,05 dan Sanksi Pajak memiliki nilai signifikansi t 0,54 > 0,05. Kepatuhan Wajib Pajak UMKM memiliki nilai signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05. Secara stimultan variabel Insentif Pajak (X1), Modernisasi Sistem Administrasi (X2) dan Sanksi Pajak (X3) berpengaruh terhadap variabel Kepatuhan Wajib Pajak (Y) dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,582 atau 58,2%. Sedangkan sisanya sebesar 41,8% (100% - 58,2%) dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti sosialisasi perpajakan, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan pemahaman perpajakan. Oleh sebab itu, disarankan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel independen lain dan diharapkan dapat menambahkan sampel karena semakin banyak sampel yang digunakan maka semakin baik data dan hasil penelitiannya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:22
Last Modified: 11 Apr 2023 07:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24295

Actions (login required)

View Item View Item