Hubungan Asupan Energi, Zat Gizi Makro dan Somatotype dengan Persen Lemak Tubuh Pada Atlet Futsal Laki-laki di Kota Bekasi

Silvia, Fina (2020) Hubungan Asupan Energi, Zat Gizi Makro dan Somatotype dengan Persen Lemak Tubuh Pada Atlet Futsal Laki-laki di Kota Bekasi. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1605025169_FINA SILVIA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1605025169_FINA SILVIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya atlet terutama pada usia remaja memiliki kebiasaan makan yang berubah-ubah karena adanya pengaruh dari faktor pertumbuhan sehingga mempengaruhi persen lemak tubuh tidak prporsional dan performa atlet. Asupan secara langsung juga berpengaruh pada somatotype, serta penelitian tentang somatotype di Indonesia masih belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan energi, zat gizi makro dan somatotype dengan persen lemak tubuh pada atlet futsal laki-laki di Kota Bekasi. Desain penelitian cross sectional dengan metode total sampling, sampel sebanyak 50 subjek. Data asupan energi dan zat gizi makro didapatkan dari recall 3x24 jam. Data somatotype didapatkan dari pengukuran antropometri terdiri dari berat badan, tinggi badan, trisep, suprailiaca, subscapular, calf skinfold, humerus width, fumerus width, dan flixed arm girth dengan metode antropometri Heath-Carter. Data persen lemak tubuh diperoleh dengan alat pengukuran BIA (Bioelectric Impedance Analysis). Data asupan dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman sedangkan untuk somatotype menggunakan uji Fisher Exact. Instrument yang digunakan yaitu, formulir recall, poto makanan, aplikasi nutrisurvey, timbangan injak, microtoise, pita pengukur, Skinfold Califer dan Sliding Califer, formulir somatotype, dan BIA. Hasil penelitian ini diperoleh tidak ada hubungan antara asupan energi dengan persen lemak tubuh (r = -0,018; p value 0,903), tidak ada hubungan antara asupan protein dengan persen lemak tubuh (r = 0.124; p value 0,384), ada hubungan antara asupan lemak dengan persen lemak tubuh (r = 0.432; p value 0,002), ada hubungan antara asupan karbohidrat dengan persen lemak tubuh (r = 0.4; p value 0,004) dan ada hubungan antara somatotype dengan persen lemak tubuh (p value 0,001).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Asupan Energi, Asupan Zat Makro, Persen Lemak Tubuh, Somatotype
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 11 Apr 2023 06:44
Last Modified: 11 Apr 2023 06:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24267

Actions (login required)

View Item View Item