Hubungan antara Somatotype, Persen Lemak Tubuh, Asupan Energi dan Zat Gizi Makro dengan Kekuatan Otot Tungkai pada Atlet Futsal Laki-Laki di Kota Bekasi

Hasanah, Siti Mutmainatul (2020) Hubungan antara Somatotype, Persen Lemak Tubuh, Asupan Energi dan Zat Gizi Makro dengan Kekuatan Otot Tungkai pada Atlet Futsal Laki-Laki di Kota Bekasi. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1605025102_SITI MUTMAINATUL HASANAH.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1605025102_SITI MUTMAINATUL HASANAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kekuatan otot tungkai pada atlet futsal dapat meningkatkan kemampuan untuk melakukan keterampilan seperti melompat, berlari, dan menendang. Jika kekuatan otot tungkai rendah dapat mempengaruhi performance atlet saat latihan maupun pertandingan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kekuatan otot tungkai adalah somatotype, persen lemak tubuh, asupan energi dan zat gizi makro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan somatotype, persen lemak tubuh, asupan energi dan zat gizi makro dengan kekuatan otot tungkai pada atlet futsal. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional yang melibatkan 50 atlet futsal. Data dianalisis menggunakan uji Spearman Correlation. Pengambilan data kekuatan otot tungkai dilakukan dengan menggunakan alat leg-dynamometer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek adalah remaja pertengahan (14-16th). Kekuatan otot tungkai sebagian besar kategori kurang, Somatotype sebagian besar kategori central (2,7 - 2,5 - 2,7), Persen lemak tubuh sebagian besar kategori lebih, asupan energi dan zat gizi makro sebagian besar kategori kurang. Hasil uji statistik menunjukan somatotype type endomorph, ectomorph, persen lemak tubuh dan asupan protein berhubungan dengan kekuatan otot tungkai, namun tidak terdapat hubungan antara somatotype type mesomorph, asupan energi, asupan karbohidrat, dan asupan lemak dengan kekuatan otot tungkai.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Otot Tungkai, Somatotipe, Persen Lemak Tubuh, Asupan Energi, Zat Gizi Makro, Futsal
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:49
Last Modified: 11 Apr 2023 04:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24248

Actions (login required)

View Item View Item