Hubungan Asupan Energi dan Zat Gizi Makro, Aktivitas Fisik, Kualitas Tidur, Tingkat Stres dan Screen Time dengan Status Gizi Pada Orang Dewasa di Kelurahan Kota Bambu Utara

Isti, Avifah Normalia (2020) Hubungan Asupan Energi dan Zat Gizi Makro, Aktivitas Fisik, Kualitas Tidur, Tingkat Stres dan Screen Time dengan Status Gizi Pada Orang Dewasa di Kelurahan Kota Bambu Utara. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1605025098_AVIFAH NORMALIA ISTI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1605025098_AVIFAH NORMALIA ISTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Status gizi merupakan salah satu faktor peningkatan kualitas sumber daya manusia. Status gizi pada dewasa awal dipengaruhi oleh asupan energi dan zat gizi makro, aktivitas fisik, kualitas tidur, tingkat stres dan screen time. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara asupan energi dan zat gizi makro, aktivitas fisik, kualitas tidur, tingkat stres, dan screen time dengan status gizi pada dewasa awal di Kelurahan Kota Bambu Utara. Penelitian ini mengggunakan desain studi cross sectional. Data primer yang dikumpulkan yaitu berat badan dan tinggi badan, data asupan energi dan zat gizi makro menggunakan kuesioner food recall 2 x 24 jam, data aktivitas fisik menggunakan kuesioner Physical Activity Level (PAL), data kualitas tidur menggunakan kuesioner Pitssburg Sleep Quality Index (PSQI), data tingkat stres menggunakan kuesioner Depression, Anxiety, Stres Scale (DASS14), dan data screen time menggunakan kuesioner screen time. Jumlah sampel yang diambil terdiri dari 80 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Uji statistik yang digunakan adalah Chi Square dan Fisher Exact. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan antara kualitas tidur dan tingkat stres dengan status gizi. Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan status gizi yaitu asupan energi, asupan protein, asupan lemak, asupan karbohidrat dan screen time.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Tidur, Status Gizi, Tingkat Stres
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:28
Last Modified: 11 Apr 2023 04:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24236

Actions (login required)

View Item View Item