Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Aman Kerja pada Pekerja Pengolahan Ikan Asin Muara Angke Jakarta Utara Tahun 2018

Amini, Salma (2018) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Aman Kerja pada Pekerja Pengolahan Ikan Asin Muara Angke Jakarta Utara Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405015135_SALMA AMINI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405015135_SALMA AMINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku aman dapat dilihat dari perilaku pekerja ketika melakukan pekerjaannya di tempat kerja. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan perilaku aman kerja pada pekerja pengolahan ikan asin Muara Angke Jakarta Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling, dengan instrumen wawancara menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pekerja pengolahan ikan asin Muara Angke Jakarta Utara dengan sampel 62 orang. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi Square (95% CI). Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 59,7% berperilaku aman, memiliki pengetahuan tinggi 54,8% dan 51,8% dengan sikap yang baik. Pekerja mengatakan ada ketersediaan APD 64,5%, telah mendapatkan penyuluhan 59,7%, adanya safety promotions 71% serta mendapat pengaruh dari rekan kerja sebanyak 50%. Secara statistik terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku aman kerja dengan nilai Pvalue (0,000), ketersediaan APD dengan perilaku aman kerja nilai Pvalue (0,012), penyuluhan dengan perilaku aman kerja nilai Pvalue (0,020), safety promotions dengan perilaku aman kerja nilai Pvalue (0,016), serta pengaruh rekan kerja dengan perilaku aman kerja nilai Pvalue (0,002) sedangkan tidak ada hubungan antara sikap dengan perilaku aman kerja. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya peningkatan pengetahuan, keterampilan, ketersediaan APD, safety promotions, kesadaran pekerja untuk membawa pengaruh yang baik kepada rekan kerja serta perlu diadakannya penyuluhan mengenai perilaku aman kerja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:27
Last Modified: 11 Apr 2023 04:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24231

Actions (login required)

View Item View Item