Muhammad Nizar Farhan, Analisis Potensi Risiko Dan Pengembalian Hasil Deposito Mudharabah Pada Bank Syariah Mandiri Dan Bank Negara Indonesia Syariah Menggunakan Metode Var (Value At Risk) Dan RAROC (Risk Adjusted Return On Capital) Tahun 2014-2018 , Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

Farhan,, Muhammad Nizar (2019) Muhammad Nizar Farhan, Analisis Potensi Risiko Dan Pengembalian Hasil Deposito Mudharabah Pada Bank Syariah Mandiri Dan Bank Negara Indonesia Syariah Menggunakan Metode Var (Value At Risk) Dan RAROC (Risk Adjusted Return On Capital) Tahun 2014-2018 , Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1507025051_MUHAMMAD NIZAR FARHAN.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1507025051_MUHAMMAD NIZAR FARHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi risiko investasi dan imbal hasil yang terdapat pada deposito mudharabah pada Bank Negara Indonesia Syariah dan Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode Value at Risk untuk menilai besar potensi risiko yang terjadi dari deposito mudharabah dan metode RAROC (Risk Adjusted Return On Capital) untuk menilai pendapatan bank yang telah disesuaikan dengan risiko. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Value at Risk menunjukkan bahwa potensi tertinggi pada deposito mudharabah Bank BNI Syariah terjadi pada jenis deposito mudharabah 6 bulan dengan nilai VaR mean sebesar 0.322 dan yang terendah pada jenis deposito 12 bulan. Sedangkan pada Bank Syariah Mandiri potensi terjadi nya risiko terbesar terjadi pada jenis deposito mudharabah 6 bulan dengan nilai 0.088 dan yang terendah terjadi pada jenis deposito mudharabah 3 bulan. hasil penelitian dengan menggunakan metode RAROC (Risk Adjusted Return On Capital) yang terjadi pada Bank Negara Indonesia menunjukkan adanya pendapatan yang telah disesuaikan denganrisiko. Sedangkan pada Bank Syariah Mandiri menunjukkan adanya potensi mengalami kerugian dikarenakan nilai Risk Adjusted Return lebih rendah dibandingkan Risk Capital.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:22
Last Modified: 11 Apr 2023 04:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24226

Actions (login required)

View Item View Item