Hubungan Asupan Protein, Vitamin C, Vitamin B12, Zat Besi, Pengetahuan Terkait Anemia, dan Menstruasi Terhadap Status Anemia Pada Remaja Putri

Fauziyah, Syifa Hana (2020) Hubungan Asupan Protein, Vitamin C, Vitamin B12, Zat Besi, Pengetahuan Terkait Anemia, dan Menstruasi Terhadap Status Anemia Pada Remaja Putri. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1605025096_SYIFA HANA FAUZIYAH.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1605025096_SYIFA HANA FAUZIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anemia merupakan indikator status kesehatan yang buruk. Remaja putri menjadi salah satu kelompok yang rawan menderita anemia. Banyak faktor yang menyebabkan anemia, beberapa faktor diantaranya adalah asupan protein, vitamin C, vitamin B12 dan zat besi, pengetahuan dan menstruasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan asupan protein, vitamin C, vitamin B12, zat besi, pengetahuan terkait anemia, dan menstruasi dengan status anemia pada remaja putri di Kampung Cariu, Balaraja, Tangerang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif cross sectional. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu kadar hemoglobin, asupan protein, vitamin C, vitamin B12 dan zat besi menggunakan formulir SQ-FFQ, pengetahuan terkait anemia serta menstruasi dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Total Sampling yang berjumlah 44 responden. Hasil dari penelitian didapatkan asupan vitamin C (p= 0,00), asupan protein (p= 0,35), asupan vitamin B12 (p= 1,00), asupan zat besi (p= 0,24), pengetahuan anemia (p= 1,00) dan menstruasi (p= 0,71). Kesimpulan: Tedapat hubungan antara asupan vitamin C dengan status anemia dan tidak terdapat hubungan antara asupan protein, vitamin B12, zat besi, pengetahuan anemia dan menstruasi dengan status anemia pada remaja putri di Kampung Cariu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Asupan, Menstruasi, Pengetahuan Terkait Anemia, Remaja Putri, Status Anemia
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:18
Last Modified: 11 Apr 2023 04:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24223

Actions (login required)

View Item View Item