Pemberitaan Kasus Pengaturan Skor Sepakbola Pada Media Online detik.com dan bola.com (Analisis Framing Robert N. Entman Pada Media Online detik.com dan bola.com)

Aninditha Pricilla, Annisa (2020) Pemberitaan Kasus Pengaturan Skor Sepakbola Pada Media Online detik.com dan bola.com (Analisis Framing Robert N. Entman Pada Media Online detik.com dan bola.com). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1506015016  _ ANNISA ANINDITHA PRICILLA.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1506015016 _ ANNISA ANINDITHA PRICILLA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehebohan kasus pengaturan skor ini berawal saat acara talkshow Mata Najwa yang membahas tema “PSSI Bisa Apa?”. Di acara tersebut Januar menuding anggota Komite Khusus PSSI, Hidayat, menawarinya uang Rp100-150 juta. Syaratnya, Madura FC harus mengalah kepada PSS Sleman dalam laga Liga 2.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif, dan metode analisis framing Robert N. Entman karena metode ini dianggap cocok untuk menjelaskan pembingkaian pemberitaan pada media online detik.com dan bola.com terkait dengan kasus pengaturan skor sepakbola. Penelitian ini juga mewawancarai redaktur pelaksana dan wakil redaktur pelaksana untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pembingkaian dua media tersebut.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa define problem yang terlihat pada pemberitaan detik.com adalah komitmen pengurus PSSI dan sanksi/penegakan hukum. Diagnoses causes adalah komposisi Exco tidak ideal dan stakeholder sepakbola Indonesia rangkap jabatan. Make moral judgement adalah kekecewaan para stakeholder sepakbola Indonesia dan terganggunya psikologis pemain muda. Treatment recommendation antara lain sinergi seluruh stakeholder sepakbola Indonesia, mengubah komposisi Exco, perbaikan di internal PSSI, dan diselenggarakannya KLB. Sedangkan define problem pada bola.com antara lain komitmen pengurus PSSI, sanksi/penegakan hukum, kepemimpinan tidak tegas, pengaturan skor sudah menjadi tradisi. Diagnoses causes adalah PSSI tidak diawasi secara efektif. Make moral judgement adalah mental bangsa menjadi rusak dan keluar dari semangat fairplay. Treatment recommendation adalah sinergi seluruh stakeholder sepakbola Indonesia, perbaikan di internal PSSI, pemain berintegritas, lembaga pengawasan khusus, sanksi tegas, dan diselenggarakannya KLB. Dalam pemberitaannya detik.com cenderung mengambil sikap bahwa PSSI harus segera menyelesaikan kasus pengaturan skor sepakbola. Sedangkan bola.com cenderung mengambil siap netral dan tidak memihak dalam masalah kasus tersebut.
Kata Kunci: Bola.com, Detik.com, Faktor Pengaruh Isi Media, Framing, Pengaturan Skor Sepakbola, PSSI

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:03
Last Modified: 11 Apr 2023 04:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24212

Actions (login required)

View Item View Item