Pengaruh Return On Assets (ROA), Debt Equity To Ratio, Collateralizable Assets, dan Free Cash Flow terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2019)

Iqbal Fazrin, Muhammad (2022) Pengaruh Return On Assets (ROA), Debt Equity To Ratio, Collateralizable Assets, dan Free Cash Flow terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2019). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015007_MUHAMMAD IQBAL FAZRIN.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015007_MUHAMMAD IQBAL FAZRIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Return On Assets, Debt Equity To Ratio, Collateralizable Assets, dan Free Cash Flow terhadap Kebijakan Dividen. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan variabel Return On Assets, Debt Equity To Ratio, Collateralizable Assets, dan Free Cash Flow sebagai variabel independen, dan Kebijakan Dividen sebagai variabel dependen. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun periode 2015-2019. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria Perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015 – 2019, Perusahaan sektor industri barang konsumsi yang telah mempublikasikan laporan keuangan tahunan ke dalam website dengan berturut – turut selama periode 2015 – 2019, perusahaan sektor industri barang konsumsi yang memperoleh laba selama periode 2015 – 2019, perusahaan sektor industri barang konsumsi yang mempublikasikan laporan keuangannya dalam bentuk rupiah (Rp), perusahaan sektor industri barang konsumsi yang setiap tahun membagikan dividen selama periode 2015 – 2019. Hasil penelitian diperoleh dari analisis persamaan regresi berganda yang menunjukkan bahwa secara parsial Debt Equity to Ratio, Collateralizable Assets, dan Free Cash Flow berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Secara Parsial Return On Assets tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kebijakan dividen. Sedangkan hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa Return On Assets, Debt Equity to Ratio, Collateralizable Assets dan Free Cash Flow berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 63%. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 63% Dividend Payout Ratio (DPR) atau kebijakan dividen dipengaruhi oleh Return On Assets, Debt Equity to Ratio, Collateralizable Assets, dan Free Cash Flow, Sedangkan 37% lainnya dapat dijelaskan oleh sebab – sebab yang lain diluar variabel penelitian ini atau dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:24
Last Modified: 11 Apr 2023 03:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24193

Actions (login required)

View Item View Item