Pengaruh Kompetensi Emosional dan Kesiapan Belajar Online Terhadap Learning Loss Pada Pelajar SMA di Masa Pandemi COVID‒19

Rahmawati, Ranti (2022) Pengaruh Kompetensi Emosional dan Kesiapan Belajar Online Terhadap Learning Loss Pada Pelajar SMA di Masa Pandemi COVID‒19. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of FPSI_PSIKOLOGI_1808015004_RANTI RAHMAWATI.pdf]
Preview
Text
FPSI_PSIKOLOGI_1808015004_RANTI RAHMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi emosional dan kesiapan belajar online terhadap learning loss pada pelajar SMA di masa pandemi COVID‒19. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan uji regresi linier berganda yang diolah melalui SPSS. Responden penelitian yaitu 195 pelajar SMA dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online dan offline. Alat ukur penelitian yaitu The Short Profile of Emotional Competence (S–PEC) untuk mengukur kompetensi emosional yang memiliki 11 item; Online Learning Readiness Scale yang memiliki 12 item untuk mengukur variabel kesiapan belajar online; Cognitive Learning Measure untuk mengukur learning loss yang memiliki 9 item pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi emosional dan kesiapan belajar online terhadap learning loss karena memiliki nilai di bawah 0,05 (P < 0,05).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
Skripsi
Divisions: Fakultas Psikologi
Depositing User: Perpustakaan Uhamka
Date Deposited: 10 Apr 2023 13:43
Last Modified: 10 Apr 2023 13:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24161

Actions (login required)

View Item View Item