Hubungan Pengetahuan Gizi, Uang Saku, Media Massa, dan Ketersediaan Makanan Sekitar Terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Beragam Pada Mahasiswa Gizi UHAMKA

Wulandari, Anggi (2020) Hubungan Pengetahuan Gizi, Uang Saku, Media Massa, dan Ketersediaan Makanan Sekitar Terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Beragam Pada Mahasiswa Gizi UHAMKA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1605025037_ANGGI WULANDARI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1605025037_ANGGI WULANDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah gizi pada remaja disebabkan perilaku makan kurang beragam yang dipengaruhi oleh pengetahuan, ekonomi, media dan ketersediaan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Gizi, Uang Saku, Media Massa, dan Ketersediaan Makanan Sekitar Terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Beragam Pada Mahasiswa Gizi UHAMKA yang dilaksanakan pada September - Oktober 2020 dengan menggunakan desain penelitian cross sectional dan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 160 mahasiswa gizi. Teknik pengumpulan data secara primer dengan menggunakan kuesioner melalui Google Forms dan kuesioner ketersediaan makanan yang diisi sendiri oleh responden. Kemudian, wawancara food recall 2 x 24 jam. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebesar 76,9% mahasiswa konsumsi makanan cukup beragam. Berdasarkan hasil analisis bivariat menunjukan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dan perilaku makan terhadap keragaman pangan (p < 0,05) dan tidak ada hubungan antara uang saku, media massa, dan ketersediaan makanan terhadap keragaman pangan (p > 0,05). Saran bagi mahasiswa gizi diharapkan untuk meningkatkan konsumsi sayur dan buah agar konsumsi makanannya dapat beragam serta tetap mengaplikasikan pengetahuan gizi yang sudah didapatkan selama perkuliahan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keragaman Pangan, Mahasiswa Gizi
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 10 Apr 2023 08:57
Last Modified: 10 Apr 2023 08:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24121

Actions (login required)

View Item View Item