Studi Evaluasi Pemahaman Stunting, Peran dan Tugas Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam Melaksanakan Pemetaan Sosial dan Pendataan 1000 HPK di Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak

Hasan, Fatmah Aulia (2020) Studi Evaluasi Pemahaman Stunting, Peran dan Tugas Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam Melaksanakan Pemetaan Sosial dan Pendataan 1000 HPK di Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1605025010_FATMAH AULIA HASAN.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1605025010_FATMAH AULIA HASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya penanganan stunting adalah berfokus pada mobilisasi KPM dalam pelaksanaan penanganan stunting di tingkat Desa. Kader Pembangunan Manusia (KPM) adalah salah satu tonggak utama pelaksana program konvergensi stunting di tingkat desa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pemahaman stunting, pemahaman peran dan tugas KPM serta capaian program pemetaan sosial dan pendataan 1000 HPK. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling, pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, teknik pemeriksaan dan ketepatan data dengan triangulasi. Pada penelitian ini, secara umum KPM dapat menyebutkan definisi, faktor penyebab, dampak dan periode pencegahan stunting dengan benar. Media informasi KPM yaitu pelatihan dan bidan. Namun, KPM memahami tugasnya hanya melakukan pendataan 1000 HPK. Hambatan yang dirasakan KPM adalah tidak adanya insentif dari desa. Seluruh KPM telah selesai melaksanakan pendataan tahun 2019. Pandemik Covid-19, peralihan sistem pendataan menjadi online, belum adanya informasi untuk melakukan pendataan menjadi alasan belum dilakukannya pendataan tahun 2020, selain itu KPM juga tidak melakukan pemetaan sosial melalui pembuatan peta desa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: KPM, Pemahaman Stunting, Peran dan Tugas, Pemetaan Sosial dan Pendataan 1000 HPK
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 08 Apr 2023 08:16
Last Modified: 08 Apr 2023 08:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23836

Actions (login required)

View Item View Item