Hubungan Kualitas Makanan dan Tingkat Stres dengan Sisa Makanan Lunak pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Karya Medika Tambun

Balaga, Sifa Emalia Anjarwati (2020) Hubungan Kualitas Makanan dan Tingkat Stres dengan Sisa Makanan Lunak pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Karya Medika Tambun. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1505025140_SIFA EMALIA ANJARWATI BALAGA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1505025140_SIFA EMALIA ANJARWATI BALAGA.pdf

Download (989kB) | Preview

Abstract

Sisa makanan adalah volume atau persentase makanan yang tidak habis termakan dan dibuang sebagai sampah dan merupakan indikator penting untuk mengevaluasi efektivitas penyelenggaraan makanan dan pelayanan makanan, serta asupan makan pasien. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya sisa makanan pada pasien di rumah sakit, diantaranya adalah keadaan psikis, umur, jenis penyakit, penampilan makanan, citarasa makanan, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas makanan dan tingkat stres dengan sisa makanan lunak pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Karya Medika Tambun. penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 32 pasien yang mendapatkan makanan lunak. Data yang diambil meliputi karakteristik pasien, data tentang kualitas makanan, data tingkat stres pasien dan data sisa makanan lunak pasien. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software dengan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata sisa makanan responden adalah sebanyak 12.7%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan (p=0.152) antara penampilan makanan dengan sisa makanan lunak. Terdapat hubungan antara citarasa makanan (p=0.047) dan tingkat stres (p=0.023) dengan sisa makanan lunak pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Karya Medika Tambun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sisa makanan, Penampilan makanan, Citarasa makanan, Tingkat stress
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 08 Apr 2023 06:50
Last Modified: 08 Apr 2023 06:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23801

Actions (login required)

View Item View Item