Gambaran Ketepatan Porsi, Nilai Gizi Menu Makan Siang dan Status Gizi Prajurit Pada Penyelenggaraan Makanan di Asrama Batalyon X

Saputro, Nur Alfiah Maulidyna Riza (2020) Gambaran Ketepatan Porsi, Nilai Gizi Menu Makan Siang dan Status Gizi Prajurit Pada Penyelenggaraan Makanan di Asrama Batalyon X. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1505025101_N. ALFIAH MAULIDYNA RIZA. S.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1505025101_N. ALFIAH MAULIDYNA RIZA. S.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui 1) Ketepatan porsi asupan makanan yang disajikan dengan standar yang di gunakan di Batalyon X 2) Mengetahui besar nilai gizi padaporsi makan siang yang disajikan 3) Penyelenggaraan makan prajurit dilihat sisi kebutuhan gizi penerima makanan, besar porsi yang disajikan, ketentuan – ketentuan institusi, variasi menu, siklus menu dan kebiasaan makan untuk prajurit di Batalyon X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data penelitian adalah pengelola penyelenggaraan makan untuk prajurit di Batalyon X dan prajurit yang mendapat konsumsi makan dari dapur. Tempat penelitian di Batalyon X yang berlokasi di Kota Depok pada bulan Desember 2019 – Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh prajurit usia 19 – 24 tahun yang mendapat konsumsi makan dari dapur Batalyon sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrument dengan expert judgement oleh pembimbing serta Perwira urusan penelitian dan hubungan luar dengan hasil valid. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjuka bahwa 1) Penyelenggaraan makan untuk prajurit di Batalyon X membutuhkan energi 3422,3 kkal. Penyelenggaraan makan dilakukan oleh prajurit Batalyon. Sarana dan prasarana yang tersedia cukup baik untuk penyelenggaraan makan institusi. Variasi menu terdiri dari variasi Teknik olah, bahan , warna, tekstur dan aroma makanan. Siklus menu dilakukan selama 5 hari 2) Asupan makan untuk prajurit diatur dalam Komando Batalyon dan disesuaikan dengan kondisi prajurit..Kandungan energi karbohidrat dan sayur belum memenuhi karena keinginan dari setiap prajurit untuk membatasi jumlah porsi yang akan dimakan. Namun untuk besar porsi dan keragaman menu yang disajikan sudah memenuhi standar yang ditetapkan di Batalyon X.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ketepatan porsi, Kebutuhan Kalori, Prajurit, Batalyon Kavaleri
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 08 Apr 2023 06:16
Last Modified: 08 Apr 2023 06:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23790

Actions (login required)

View Item View Item