Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Eksistensi Diri Disabilitas Tunarungu : Studi Kasus Anggota Gerkatin

Harisaputro, Ponco (2021) Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Eksistensi Diri Disabilitas Tunarungu : Studi Kasus Anggota Gerkatin. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1606015025_ PONCO HARISAPUTRO.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1606015025_ PONCO HARISAPUTRO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Para anggota gerkatin dengan segala keistimewaanya butuh adanya sebuah wadah untuk membentuk sebuah identitas diri. Kehadiran media sosial di kalangan remaja tuli, membuat anggota gerkatin mempunyai sebuah identitas. Mereka tidak segan-segan mengupload segala kegiatan pribadi-nya untuk disampaikan kepada teman-temannya melalui akun media sosial. Dalam menggunakan instagram mereka lebih condong untuk mengemukakan pendapat nya melalui tulisan maupun unggahan yang mereka buat di instagram. Tak heran jika mereka bisa dikenal oleh orang banyak karena instagram mampu membuat mereka menjadi eksis. Peneliti menggunakan Metode Studi Kasus milik (Cresweel:2016) dan Teori Interaksi Simbolik Herbert Blumer untuk membantu peneliti melihat fenomena tentang pemanfaatan instagram sebagai sarana eksistensi diri yang dilakukan oleh anggota gerkatin. Selain itu peneliti menggunakan teori New Media untuk melihat instagram sebagai media percepatan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dimana bertujuan untuk menjelaskan suatu permasalahan secara lebih mendalamdengan cara deskriptif. Jenis deskriptif agar peneliti dapat menjelaskan permasalahan secara sistematis, faktual dan aktual.
Dari penelitian ini telah dilakukan analisis wawancara mendalam yang menghasilkan hasil penelitian bahwa pemanfaatan instagram didasari akan adanya sebuah identitas diri,kepercayaan diri dan sebagai alat bertukar informasi. Anggota gerkatin mempunyai tujuan untuk bisa didengar oleh orang banyak tentang keadaan dan kondisi yang dialami nya sebagai seorang penyandang tunarungu.
Kata Kunci : Eksistensi Diri, Instagram, Disabilitas Tunarungu

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:28
Last Modified: 06 Apr 2023 03:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item View Item