Efektivitas Pemberian Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Ibu dan Pola Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) di Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon Jawa Barat 2019

Choliyah, Pipit Fitri (2019) Efektivitas Pemberian Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Ibu dan Pola Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) di Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon Jawa Barat 2019. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1505025104_PIPIT FITRI CHOLIYAH.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1505025104_PIPIT FITRI CHOLIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberian makan bayi dan anak (PMBA) merupakan salah satu program pemerintah untuk menurunkan angka kematian anak dan meningkatkan kualitas hidup ibu (Wahyuni,2016). PMBA meliputi Inisiasi Menyusui Dini (IMD), ASI Eksklusif, MP-ASI, Menyusui hingga usia 2 tahun. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 prevalentsi anak gizi buruk sebesar 3,8%, anak gizi kurang sebesar 13,8%, anak sangat pendek sebesar 11,5%, anak pendek sebesar 19,3%, anak sangat kurus 3,5%, dan anak kurus sebesar 6,7% (Riskerdas, 2018). Hasil survey Desa Pegagan Kidul dengan prevalensi gizi kurang tertinggi di Kecamatan Kapetakan yaitu sebesar 23,0%, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pemberian edukasi gizi terhadap pengetahuan ibu dan pola pemberian makan bayi dan anak. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan control grup pre test dan post test design. Sampel penelitian ini berjumlah 70 orang ibu balita yang mempunyai anak usia 6 sampai 24 bulan. Kriteria inklusi pada penelitian ini adalah ibu balita yang bisa membaca dan menulis, dan bersedia menjadi responden. Sampel dibagi menjadi dua kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pengolahan data pada variabel pengetahuan menggunakan uji Paired Sampel T Test, dan Pola PMBA menggunakan uji Wilcoxon Sign. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan bermakna pengetahuan ibu sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok intervensi dan kontrol dengan nilai (p = 0,002), dan ada perbedaan bermakna pola PMBA sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok intervensi dan kontrol dengan nilai (p=0,023).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Edukasi Gizi, Pengetahuan, Pola Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:20
Last Modified: 06 Apr 2023 03:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23453

Actions (login required)

View Item View Item