Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Hanifah, Aulia (2022) Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1802025272_Aulia Hanifah.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1802025272_Aulia Hanifah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari literasi keuangan dan perilaku keuangan terhadap keputusan investasi. Variabel yang diteliti adalah literasi keuangan dan perilaku keuangan terhadap keputusan investasi sebagai objek peubah dan mahasiswa angkatan 2018 yang ada di UHAMKA sebagai objek pengamatan. Data primer dikumpulkan dengan kuesioner yang dibagikan. Hasil penelitian menunujukan bahwa setelah dihitung menggunakan bantuan program software Microsoft Excel dan diolah menggunakan aplikasi SPSS 25 memiliki pengaruh dengan keputusan investasi dengan pembuktian uji parsial dan uji simultan. Literasi keuangan dan perilaku keuangan merupakan dua konsep yang dapat menggambarkan kepribadian investor dalam menentukan keputusan investasi, serta tata kelola keuangan. Dengan adanya kedua variabel independen tersebut maka, diharapkan investor dapat menentukan instrumen investasi yang tepat. Dengan demikian disarankan bagi para calon investor khususnya mahasiswa yang ingin melakukan keputusan investasi, sebaiknya mengukur literasi serta perilaku diri sendiri dengan tujuan untuk memahami risiko yang akan dihadapi dalam berinvestasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:32
Last Modified: 05 Apr 2023 02:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23358

Actions (login required)

View Item View Item