Implementasi Prinsip Asuransi Syariah Pada PT Asuransi Jasindo Takaful, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Jakarta 2014.

Kholipah, Kholipah (2014) Implementasi Prinsip Asuransi Syariah Pada PT Asuransi Jasindo Takaful, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Jakarta 2014. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1007025056_KHOLIPAH.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1007025056_KHOLIPAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup prinsip ekonomi Islam dalam fatwa Dewan Syariah Nasional dan implementasi fatwa Dewan Syariah Nasional tentang murabahah di Bank Syariah Mandiri. Ekonomi Islam adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hukum-hukum ekonomi dan perilaku umat muslim sesuai dengan syariat yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah. Dalam menjalankan kegiatan ekonomi, Islam memiliki prinsip-prinsip yang harus dijadikan acuan yaitu kebebasan individu, hak terhadap harta, perbedaan ekonomi dalam batas kewajaran, kesamaan sosial, jaminan sosial, distribusi kekayaan secara meluas, larangan menumpuk harta kekayaan, larangan terhadap organisasi anti sosial, kesejahteraan individu dan masyarakat, tidak diperbolehkan memakan harta orang lain secara batil, prinsip saling ridha atau rela, prinsip tidak mengandung praktik eksploitasi dan saling merugikan, prinsip tidak mengandung unsur riba, dan prinsip tidak melakukan penipuan.
Murabahah ialah akad jual beli barang dengan menyatakan harga dan keuntungan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli. Dalam pembiayaan murabahah, pola hubungan antara bank dan nasabah bersifat kemitraan dimana nasabah merupakan penyandang dana atas usaha bank syariah dan juga pengelola atas bank syariah. Dalam lembaga keuangan syariah, ada badan independen yang mengatur mengenai produk-produk di LKS yaitu Dewan Syariah Nasional. Dewan Syariah Nasional merupakan suatu lembaga yang didirikan oleh Majelis Ulama Indonesia agar operasional lembaga keuangan syariah sesuai dengan ajaran Islam. DSN memiliki beberapa tugas yang harus dijalankan, salah satunya adalah mengeluarkan fatwa atas produk dan jasa keuangan syariah. Dalam menetapkan fatwa, Dewan Syariah Nasional harus berpedoman dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam.
Hasil analisis pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa fatwa Dewan Syariah Nasional tentang murabahah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Selain itu, implementasi dari fatwa Dewan Syariah Nasional tentang murabahah di Bank Syariah Mandiri hampir semua sudah sesuai dengan fatwanya. Namun masih ada yang kurang yaitu dalam mekanisme pembelian barang, pihak bank memberikan kepercayaan kepada nasabah untuk membeli sediri barang yang diperlukan. Dalam hal ini bank menjalankan akad wakalah, tetapi bank tidak memberikan imbalan kepada nasabah. Padahal dalam teorinya pihak pemberi kuasa boleh memberikan imbalan atas jasa penerima kuasa tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:25
Last Modified: 03 Apr 2023 07:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23110

Actions (login required)

View Item View Item