Manajemen Komunikasi di Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Muhammadiyah Merespon Kebijakan Zonasi

Hidayat, Rifqi (2020) Manajemen Komunikasi di Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Muhammadiyah Merespon Kebijakan Zonasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1606015279_ RIFQI HIDAYAT.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1606015279_ RIFQI HIDAYAT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Teori Informasi Organisasi, Dikdasmen DKI Jakarta, Zonasi Pendidikan
Skripsi ini membahas tentang manajemn komunikasi di Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk memahami manajemen dan evaluasi manajemen komunikasi di Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta dalam upaya peningkatan mutu sekolah Muhammadiyah merespon kebijakan zonasi.
Penelitian ini mengacu pada teori cutlip, Center and Broom Methode dimana dalam melakukan manajemen komunikasi menggunakan 4 langkah yaitu, analisis komunikasi perencanaan komunikasi, aksi komunikasi dan evaluasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan metode triangulasi data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitian ini penulis memperoleh data: pertama, mengenai pelaksanaan komunikasi di Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta terindikasi kurang baik. Kedua, adanya faktor penghambat dalam pelaksanaan komunikasi di Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta, diantaranya kurangnya koordinasi dan sosialisasi, adanya perbedaan domisili, terdapat aktivitas lain dan kesibukan di luar majelis, adanya keterlambatan atau dalam penerimaan pesan, dan kurangnya pemahaman seorang komunikan. Ketiga, usaha yang dilakukan Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta untuk mengatasi adanya faktor penghambat dalam pelaksanaan komunikasi. Hasil penelitian ini menyarankan kepada Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta untuk dapat menjalin serta membangun komunikasi secara efektif, hal ini dimaksudkan supaya tujuan – tujuan dari komunikasi serta yang berkaitan dengan tujuan organisasi dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:14
Last Modified: 03 Apr 2023 07:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23105

Actions (login required)

View Item View Item