Pendekatan TARGET Melalui Bulletin Virtual Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dewasa Awal

Hajar, Siti dan Tri Widiastuti, Haning Pendekatan TARGET Melalui Bulletin Virtual Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dewasa Awal. EPIK: JURNAL EDUKASI PENERAPAN ILMU KONSELING.

[thumbnail of ARTIKEL+HAJAR+(62-69).pdf]
Preview
Text
ARTIKEL+HAJAR+(62-69).pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Era industri 4.1 membawa kemahuan teknologi dan informasi yang membuat hampir seluruh lini kehidupan dituntut mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan. Adaptasi yang dituntut juga merambah pada dunia pendidikan, penyampaian informasi yang terjadi antara dosen dan mahasiswa kini telah berganti. Jika dahulu penyampaian informasi tersebut hanya berlangsung secara tatap muka saja, maka kini telah beragam. Beragam metode dan media yang dapat dipilih harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai pendampingan dalam membina kompetensi mahasiswa. Kondisi inilah yang memunculkan pandangan bahwa penting untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan dan kesempatan agar mampu memanfaatkan berbagai teknologi dan kemudahan dalam akses informasi. Buletin virtual sebagai bentuk penyaluran ekspresi mahasiswa dalam dunia digital sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Arah buletin virtual dengan pendekatan TARGET (Tasks, Authority, Recognition, Grouping, Evaluation, Time / Ames 1992) untuk meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa sesuai dengan potensi diri yang dimiliki sekaligus membawa dampak positif bagi kematangan karir mereka di masa depan. Strategi dalam pendekatan TARGET dalam penyusunan Buletin Virtual dengan sasaran usia dewasa awal (mahasiswa BK FKIP UHAMKA). Penelitian Action Research dirancang untuk meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa sesuai dengan potensi diri yang dimiliki.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences
L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Haning Tri Widiastuti
Date Deposited: 08 Apr 2023 09:52
Last Modified: 08 Apr 2023 09:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23039

Actions (login required)

View Item View Item