Manajemen Kelas Berbasis Bimbingan Solusi Perilaku Off-Task

Tri Widiastuti, Haning Manajemen Kelas Berbasis Bimbingan Solusi Perilaku Off-Task. EPIK: JURNAL EDUKASI PENERAPAN ILMU KONSELING.

[thumbnail of ARTIKEL+HANING+(Manajemen+Kelas+Berbasis+Bimbingan+Solusi+Perilaku+Off-Task+(70-78)).pdf]
Preview
Text
ARTIKEL+HANING+(Manajemen+Kelas+Berbasis+Bimbingan+Solusi+Perilaku+Off-Task+(70-78)).pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
Official URL: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/epik

Abstract

Perilaku off-task merupakan bentuk perilaku mengganggu proses pembelajaran yang kerap muncul di dalam kelas. Fenomena perilaku off-task juga terjadi di Sekolah Dasar yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini. Fokus perhatian pada penelitian ini adalah mereduksi perilaku off-task yang ada pada Sekolah Dasar tersebut melalui manajemen kelas berbasis bimbingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas berbasis bimbingan dalam mereduksi perilaku off-task. Penelitian dilakukan dengan menggunakan bentuk penelitian tindakan kolaboratif, yang artinya peneliti Bersama dnegan guru melakukan kolaborasi dalam melakukan manajemen kelas berbabis bimbingan. Data penelitian diperoleh secara kuantitatif dengan menggunakan instrument yang dikembang oleh peneliti yang selanjutnya menjadi pre-test dan post test pada penelitian ini. Dari penelitian yang dilakukan pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar, menunjukkan adanya penurunan nilai perilaku off-task subyek, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas berbasis bimbingan berpengaruh pada perilaku off-task siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Haning Tri Widiastuti
Date Deposited: 08 Apr 2023 08:21
Last Modified: 08 Apr 2023 08:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23011

Actions (login required)

View Item View Item