Pengaruh Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Wanita Usia Subur Dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Di Posyandu Ikan Mas Kelurahan Ulujami Jakarta Tahun 2018

Darmawan, Agung (2018) Pengaruh Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Wanita Usia Subur Dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Di Posyandu Ikan Mas Kelurahan Ulujami Jakarta Tahun 2018. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1405015165_AGUNG DARMAWAN.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1405015165_AGUNG DARMAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Potensi gangguan dari pertumbuhan yang tak terkontrol terhadap pertumbuhan ekonomi telah disadari pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 1960-an. Upaya yang dilaksanakan dalam program KB adalah melalui penggunaan alat kontrasepsi. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, penggunaan alat kontrasepsi di Indonesia sebesar 61% sudah melebihi rata-rata ASEAN yaitu sebesar 58,1%. Penelitian ini dilakukan pada Juli–Agustus 2018 di Posyandu Ikan Mas Kelurahan Ulujami. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan Quasi Eksperiment dengan Non-Equivalent Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua wanita subur yang berada di lingkup wilayah kerja Posyandu Ikan Mas, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 wanita usia subur dengan menggunakan Simple Random Sampling. Penelitian ini dilakukan dengan cara membagi sampel kedalam dua kelompok, yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dengan wawancara terstruktur menggunakan kuesioner kepada responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat (Uji Wilcoxon). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor pengetahuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama besar yaitu 30,5%, sedangkan pada perubahan sikap yang mengalami kenaikan pada kelompok eksperimen yaitu 60,9%. Berdasarkan uji hubungan, variabel yang memiliki hubungan signifikan adalah pretest sikap terhadap MKJP berdasarkan kelompok eksperimen dan kontrol (P-value 0,015). Diharapkan adanya sinergi yang baik antara kader posyandu, petugas puskesmas dan peserta posyandu agar segala informasi terkait kesehatan ibu dan anak di Posyandu Ikan Mas dapat disampaikan dengan baik dengan berbagai metode sehingga tercipta pengetahuan dan sikap yang baik terhadap informasi terkait.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Berencana, Media Video, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:38
Last Modified: 03 Apr 2023 03:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22877

Actions (login required)

View Item View Item