MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP TERHADAP BAHAYA PENYALAHGUNAAN NAPZA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (Studi Eksperimen Pada Siswa SMA N 12 Padang)

EKA HERIYANI, NIM. 91322 (2009) MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP TERHADAP BAHAYA PENYALAHGUNAAN NAPZA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (Studi Eksperimen Pada Siswa SMA N 12 Padang). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI PADANG.

[thumbnail of FileThesis-Eka Heriyani.pdf]
Preview
Text
FileThesis-Eka Heriyani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Eka Heriyani, 2009. Meningkatkan Pemahaman dan Sikap terhadap Bahaya Penyalahgunaan Napza Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Studi Eksperimen pada siswa SMA N 12 Padang).
Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa yang terlibat dalam penyalahgunaan napza, itu menunjukkan pemahaman dan sikap mereka terhadap bahaya penyalahgunaan napza rendah. Penelitian terdahulu membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kualitas berbagai aspek kognitif dan sikap siswa. Permasalahannya adalah apakah layanan bimbingan kelompok juga efektif untuk meningkatkan pemahaman dan sikap siswa tentang bahaya penyalahgunaan Napza. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menguji layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pemahaman dan sikap terhadap bahaya penyalahgunaan Napza. Adapun tujuan khususnya adalah (1) perbedaan pemahaman dan sikap terhadap bahaya penyalahgunaan Napza pada pretest dan posttest kelompok eksperimen, (2) perbedaan antara pemahaman dan sikap terhadap bahaya penyalahgunaan Napza kelompok eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen, (3) perbedaan pemahaman dan sikap terhadap bahaya penyalahgunaan Napza antara pretest dan posttest pada kelompok kontrol. Hipotesis utama yang diajukan dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemahaman dan sikap terhadap bahaya penyalahgunaan Napza.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen model desain pretest dan posttest dengan melibatkan 20 subjek penelitian dilaksanakan terhadap siswa SMA N 12 Padang, sebagai kelompok eksperimen dan 20 subjek penelitian pada siswa SMA N 13 Padang sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel melalui proses pemadanan yang teracak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan statistik non-parametrik. Teknik yang digunakan untuk Uji hipotesis pertama dan ketiga menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan untuk uji hipotesis kedua menggunakan teknik Kolmogorov Smirnov 2 Independent Sample dengan bantuan program SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemahaman dan sikap terhadap bahaya penyalahgunaan Napza. Adapun hasil penelitian secara khusus: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman dan sikap terhadap bahaya penyalahgunaan Napza pada pretest dan posttest kelompok eksperimen, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman dan sikap antara posttest kelompok kontrol dengan posttest kelompok eksperimen atau setelah perlakuan pada kelompok eksperimen, dan (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman dan sikap terhadap bahaya penyalahgunaan Napza pada pretest dan posttest kelompok Kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, sikap, napza, bimbingan kelompok
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Eka Heriyani
Date Deposited: 02 Apr 2023 13:59
Last Modified: 02 Apr 2023 13:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22862

Actions (login required)

View Item View Item