Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Serviks Metode IVA Pada Wanita Usia Subur di Puskesmas Kelurahan Cilandak Timur Tahun 2019

Radhiyya, Mutia (2019) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Serviks Metode IVA Pada Wanita Usia Subur di Puskesmas Kelurahan Cilandak Timur Tahun 2019. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1405015102_MUTIA RADHIYYA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1405015102_MUTIA RADHIYYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit penyebab utama kematian pada wanita di dunia. Salah satu cara mencegah terkena penyakit kanker serviks dengan cara mendeteksi sejak dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui factor yang berhubungan dengan deteksi dini kanker serviks metode IVA pada wanita usia subur. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di Puskesmas Kelurahan Cilandak Timur dengan desain cross sectional, pengumpulan data dilakukan sebanyak satu kali dalam waktu bersamaan. Jumlah sampel yang diambil terdiri dari 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui metode angket dengan kuesioner. Berdasarkan hasil analisa uji statistik didapatkan variabel yang berhubungan dengan pemeriksaan deteksi dini kanker metode IVA pada responden adalah variabel kerentanan yang dirasakan (Pvalue = 0,000) dan variabel manfaat yang dirasakan (Pvalue = 0,000). Sedangkan, variabel yang tidak berhubungan dengan Pemeriksaan IVA adalah keparahan yang dirasakan (Pvalue = 0,381), ancaman yang dirasakan (Pvalue = 0,664), hambatan yang dirasakan (Pvalue = 0,968), Isyarat Bertindak (Pvalue = 0,200), Pengetahuan (Pvalue = 0,764), sikap (Pvalue = 0,427). Guna meningkatkan jumlah wanita usia subur untuk melakukan Pemeriksaan IVA, dan kerabatnya untuk meningkatkan pemahaman untuk melakukan Pemeriksaan IVA, lalu melalui media cetak dan media elektronik menampilkan iklan tentang kanker serviks beserta cara deteksinya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Health Belief Model, Pemeriksaan IVA, Wanita Usia Subur, dan Kanker Serviks
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 01 Apr 2023 03:19
Last Modified: 01 Apr 2023 03:19
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22857

Actions (login required)

View Item View Item