Pengaruh CAR, FDR, dan BOPO terhadap Profitabilitas Sub Sector Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2015-2020

Krismawati, Dewi (2021) Pengaruh CAR, FDR, dan BOPO terhadap Profitabilitas Sub Sector Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2015-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1702025070_Dewi Krismawati.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1702025070_Dewi Krismawati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR, FDR dan BOPO terhadap Profitabilitas (ROA) di Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif, dengan variable yang diteliti yaitu CAR, FDR dan BOPO sebagai variable independent dan Profitabilitas sebagi variable dependent. Populasi dalam penelitian ini Bank Umum Syariah yang terdapat di Otoritas Jasa Keuangan dengan jumlah bank sebanyak 14 bank. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan sampel berjumlah 6 Bank Umum Syariah. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder dan pengolahan menggunakan analisis data sekunder SPSS version 25 For Windows. Hasil uji t menunjukkan secara parsial variable BOPO tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas, sedangkan CAR dan FDR berpengaruh terhadap Profitabilitas. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan (Bersama-sama) semua variable independent berpengaruh terhadap Profitabilitas. Bagi investor, agar memperhatikan faktor yang mempengaruhi Profitabilitas suatu Bank Umum Syariah. Bagi perusahaan, agar tetap menjaga likuiditas, meningkatkan profitabilitas dan mempertimbangkan biaya operasional yang dikeluarkan dengan cermat. Bagi peneliti, selanjutnya dapat menggunakan variable, metode dan analisis yang berbeda dengan menggunakan waktu yang lebih lama.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:16
Last Modified: 30 Mar 2023 06:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22704

Actions (login required)

View Item View Item