Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Kimia dan Bahan Dasar

Nasa, Mila Dunka Aulia (2021) Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Kimia dan Bahan Dasar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02M-21051 Nasa Miladunkaa.pdf]
Preview
Text
S02M-21051 Nasa Miladunkaa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri kimia dan bahan dasar. Populasi terdiri dari perusahaan manufaktur sektor industri kimia dan bahan dasar, Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling sehingga mendapatkan 7 perusahaan manufaktur sektor industri kimia dan bahan dasar yang sesuai dengan kriteria. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software Eviews versi 10. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis parsial (Uji T), variabel (X1) profitabilitas secara parsial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan (PBV) di perusahaan manufaktur sektor industri kimia dan bahan dasar. Lalu, variabel (X2) likuiditas atau CR secara parsial juga tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV) di perusahaan manufaktur sektor industri kimia dan bahan dasar. Menurunnya tingkat profitabilitas, lukiditas dan nilai perusahaan yang dialami perusahaan manufaktur Indonesia disebabkan perusahaan manufaktur tidak mampu bersaing di pasar global, dan juga adanya revitalisasi industri yang menyebabkan terjadinya deindustrialisasi dimana terjadi penurunan porsi manufaktur terhadap produk domestik bruto (PDB). Revitalisasi industri dianggap gagal terbukti dengan perusahaan manufaktur tak lagi dapat mengekspor produk diolah, kini hanya bisa mengekspor produk tidak diolah, dan perusahaan manufaktur Indonesia kehilangan pasar karena tidak kompetitif. Kemudian hasil Uji F secara simultan profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Kimia dan Bahan Dasar tahun 2016-2020.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 21 Mar 2023 08:22
Last Modified: 21 Mar 2023 08:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22525

Actions (login required)

View Item View Item