Pengaruh Lingkungan Keluarga, Dukungan Akademik, Efikasi Diri, dan Dukungan Sosial terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi FEB UHAMKA

Tasaha Setiawan, Nur (2022) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Dukungan Akademik, Efikasi Diri, dan Dukungan Sosial terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi FEB UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of 5. FEB_AKT_1802015119_NUR TASAHA SETIAWAN.pdf]
Preview
Text
5. FEB_AKT_1802015119_NUR TASAHA SETIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga, Dukungan Akademik, Efikasi Diri, dan Dukungan Sosial terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi FEB UHAMKA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 dan D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Responden yang diteliti sebanyak 220 mahasiswa dengan menggunakan metode Purposive Sampling dengan kriteria Mahasiswa S1 dan D3 Akuntansi angkatan 2018-2019, Semester 6 dan 8 serta telah lulus mata kuliah Kewirausahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistik Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Statistik f, Uji Statistik t dan Uji Koefisien Determinasi (R2) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lingkungan Keluarga tidak berpengaruh terhadap Niat Berwirausaha. Dukungan Akademik tidak berpengaruh terhadap Niat Berwirausaha. Efikasi diri berpengaruh terhadap Niat Berwirausaha. Dukungan Sosial tidak berpengaruh terhadap Niat Berwirausaha. Sedangkan secara bersamaan Lingkungan Keluarga, Dukungan Akademik, Efikasi Diri, dan Dukungan Sosial berpengaruh terhadap Niat Berwirausaha. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,583 atau 58.3% sedangkan sisanya 41.7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini seperti, Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi, dan Sikap. Penelitian ini menggunakan objek penelitian yang terbatas, yaitu mahasiswa S1 dan D3 Akuntansi FEB UHAMKA sehingga hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasikan Oleh karena itu, bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan objek penelitian yang lebih luas agar mendapatkan hasil studi yang lebih optimal. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya memperkaya variabel bebas yang mempengaruhi niat berwirausaha agar mendapatkan hasil studi yang lebih optimal. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan metode penelitian yang berbeda dalam melakukan analisis agar dapat diperoleh pemahaman yang lebih baik dan hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:27
Last Modified: 14 Mar 2023 07:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22367

Actions (login required)

View Item View Item