Manipulasi Aktivitas Riil Pada Perusahaan Perbankan Lq45 : Studi Empiris Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019

Muharomah, Prili Pricilia (2021) Manipulasi Aktivitas Riil Pada Perusahaan Perbankan Lq45 : Studi Empiris Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015189_ Prili Pricilia.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015189_ Prili Pricilia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh proporsi dewan komisaris independen, ukuran komite audit, struktur kepemilikan manajerial, struktur kepemilikan institusional, kualitas audit, pengungkapan sukarela (voluntary disclosure) terhadap Manipulasi Aktivitas Riil pada Perusahaan Perbankan LQ45. Selain itu bertujuan untuk menganalisis secara empiris mengenai faktor-faktor yang disinyalir dapat mempengaruhi manajemen dalam melakukan manipulasi aktivitas riil.
Rancangan penelitian berikut ini dengan metode kuantitatif menggunakan data sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 perusahaan. Kriteria pemilihan sampel yang digunakan salah satunya adalah perusahaan perbankan yang pernah masuk dalam indeks LQ45 selama periode 2014 – 2019.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap manipulasi aktivitas riil, sedangkan proporsi dewan komisaris independen, ukuran komite audit, struktur kepemilikan manajerial, kualitas audit, dan pengungkapan sukarela (voluntary disclosure) tidak memiliki pengaruh terhadap manipulasi aktivitas riil. Keterbatasan dalam penelitian ini hanya menggunakan variabel yang bersifat manajerial, sehingga penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang secara teoritis dapat mempengaruhi praktik manajemen laba melalui manipulasi aktivitas riil, seperti leverage dan size firm. Implikasi penelitian ini, dalam menjalankan operasional bisnis secara keseluruhan tidak hanya berfokus utama oada current income atau pencapaian target laba yang sudah direncanakan dengan melakukan praktik manipulasi aktivitas riil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:32
Last Modified: 08 Mar 2023 04:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22281

Actions (login required)

View Item View Item