Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Cash Holding Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei)

Rahmadanti, Nabila (2021) Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Cash Holding Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015182_ Nabila Rahmadanti.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015182_ Nabila Rahmadanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara struktur kepemilikan dan Cash Holding terhadap nilai perusahaan pada perusahaan logam dan sejenisnya selama tahun 2015 hingga 2019. Variabel yang diteliti adalah “struktur kepemilikan (struktur kepemilikan asing dan struktur kepemilikan manajerial), Cash Holding, dan nilai perusahaan” sebagai objek peubah dan “perusahaan logam dan sejenisnya yang ada di Bursa Efek Indonesia” sebagai objek pengamatan. Data sekunder dikumpulkan Di Pusat Referensi Pasar Modal yang terdapat di Bursa Efek Indonesia dan dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya.
Setelah struktur kepemilikan dan cash holding dihitung dan dianalisis dengan bantuan program E-views9, hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan untuk Struktur Kepemilikan Asing dan Cash Hoding sama sekali tidak memiliki hubungan dengan Nilai Perusahaan. Kemampuan variabel independen yaitu Struktur Kepemilikan Asing, Struktur Kepemilikan Manajerial dan Cash Holding dalam menjelakan variasi variabel dependen yaitu Nilai Perusahaan adalah sebesar 0,477999 atau 47,7999% sedangkan sisanya 52,2001% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.
Hal tersebut dikarenakan struktur kepemilikan asing sebagai pemegang saham mayoritas tidak melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap
manajemen secara ketat walaupun mereka memiliki kemampuan untuk mempengaruhi setiap keputusan manajamen sedangkan kepemilikan kas yang banyak bukan menjadi satu kriteria bagi investor utuk menanamkan modalnya di perusahaan tersebut.
Oleh sebab itu, disarankan kepada para calon investor yang ingin menanamkan modal yang dimiliki pada satu atau lebih perusahaan, ada baiknya jika menganalisis terlebih dahulu hubungan antara objek pengamatan dengan objek peubah, antara objek peubah dengan objek peubah serta antara objek pengamatan dengan objek pengamatan sebelum mengambil keputusan berinvestasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:48
Last Modified: 08 Mar 2023 02:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22248

Actions (login required)

View Item View Item