Pengaruh Ukuran Perusahaan, Company Growth, Profitabilitas, Disclosure, Dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Jasa Sub-Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2019

Picalouhatta, Dian Arhamny (2021) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Company Growth, Profitabilitas, Disclosure, Dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Jasa Sub-Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015166_ Dian Arhamny Picalouhatta.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015166_ Dian Arhamny Picalouhatta.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Company Growth, Profitabilitas, Disclosure, dan Opini Audit Tahun Sebelumya terhadap Opini Audit Going Concern pada perusahaan sub-sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019.
Penelitian ini menggunakan metode eksplanasi dengan variabel yang diteliti Ukuran Perusahaan, Company Growth, Profitabilitas, Disclosure, dan Opini Audit Tahun Sebelumya sebagai variabel independen dan variabel Opini Audit Going Concern sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub-sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang terpilih sebanyak 7 (Tujuh) Perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan (annual reports). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis deskriptif, analisis regresi logistik dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Opini Audit Going Concern dengan nilai signifikansi 0,045 < 0,05. Variabel Company Growth tidak berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern dengan nilai signifikansi sebesar 0,270 > 0,05. Variabel Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Opini Audit Going Concern dengan nilai signifikansi sebesar 0,033 < 0,05.
Variabel Disclosure tidak berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern dengan nilai signifikansi sebesar 0,053 > 0,05. Variabel Opini Audit Tahun Sebelumnya berpengaruh signifikan terhadap Opini Audit Going Concern dengan nilai signifikansi sebesar 0,036 < 0,05.
Berdasarkan hasil Model regresi dihipotesiskan fit dengan data dapat dilihat pada nilai -2LL log likehood (block number) mengalami penurunan menjadi sebesar 35,337. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat dari nilai Negalkerke R Square sebesar 0.424 yang berarti variabel dependen dipengaruhi sebesar 42,4% oleh variabel independennya yang menunjukkan derajat hubungan sedang, dan sisanya sebesar 57,8% (100% - 42,4%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini seperti likuiditas, kondisi keuangan, debt default, kualitas audit, opinion shopping, audit tenure. Hasil hosmer and lemeshow goodness of fit test menunjukkan angka 0,941 > 0,05 bahwa model regresi layak digunakan dalam analisis selanjutnya. Hasil uji omnibus of tests model coefficients menunjukkan bahwa secara simultan variabel ukuran perusahaan, company growth, profitabilitas, disclosure, dan opini audit tahun sebelumnya berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern dengan nilai signifikansi sebesar 0,045 < 0,05.
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel independen seperti likuiditas, kondisi keuangan, debt default, kualitas audit, opinion shopping, audit tenure, jumlah tahun pengamatan dan juga menggunakan sampel perusahaan yang lebih banyak sehingga memungkinkan hasilnya lebih baik dari penelitian ini dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:22
Last Modified: 08 Mar 2023 02:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22246

Actions (login required)

View Item View Item