Book chapter Applied Public Relations bekerjasama dengan PERHUMAS BPC Yogyakarta dan ASPIKOM. (2017). ‘Analisis STOP-SIT Rumah Sakit Brawijaya Woman and Children’. Yogyakarta : Literia. ISBN : 978-602-6751-58-6. 137-150. Jumlah halaman 152.

Novi Andayani Praptiningsih, NAP Book chapter Applied Public Relations bekerjasama dengan PERHUMAS BPC Yogyakarta dan ASPIKOM. (2017). ‘Analisis STOP-SIT Rumah Sakit Brawijaya Woman and Children’. Yogyakarta : Literia. ISBN : 978-602-6751-58-6. 137-150. Jumlah halaman 152. In: Applied Public Relations. Literia, Yogyakarta, pp. 137-150.

[thumbnail of Bookchapter Applied PR_Analisis STOP-SIT_2017.pdf]
Preview
Text
Bookchapter Applied PR_Analisis STOP-SIT_2017.pdf

Download (917kB) | Preview

Abstract

Strategi komunikasi yang tepat akan memudahkan suatu perusahaan untuk memasarkan
dan mempromosikan produk/jasa yang dihasilkan sebuah perusahaan. Untuk
mempertahankan eksistensi dalam bersaing dengan kompetitor sejenis, maka Rumah Sakit
Brawijaya Women and Children harus mempertahankan citra dan reputasi agar senantiasa
memperoleh goodwill dari masyarakat, terutama customer-nya.
Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui strategi komunikasi dalam merancang special
events Rumah Sakit Brawijaya Women and Children, mengetahui pelaksanaan kegiatan
special events yang dilaksanakan Rumah Sakit Brawijaya Women and Children, mengetahui
hambatan-hambatan apa saja yang ditemui atau yang terjadi dalam pelaksanaan special
events, serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan�hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan special events oleh Rumah Sakit Brawijaya
Women and Children.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.
Wawancara secara mendalam dilakukan terhadap tiga nara sumber yang kompeten untuk
menjawab tujuan penelitian yaitu, Marketing and Public Relations Manager, Public
Relations Officer dan Marketing Officer. Teknik analisis data dilakukan menggunakan
analisa STOP-SIT. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Strategi Public Relations yang
dilakukan oleh Rumah Sakit Brawijaya Women and Children untuk mempertahankan
eksistensinya dalam bersaing dengan rumah sakit sejenis lainnya dengan target market
sebagai rumah sakit khusus yang peduli terhadap kesehatan wanita dan anak dengan konsep
dan segmentasi berbeda mampu mempertahankan citra yang telah terbentuk melalui
publisitas positif. Dengan diterapkannya special events sebagai strategi Public Relations,
maka Rumah Sakit Brawijaya Women and Children telah memilih cara yang efektif serta
efisien dalam penyebaran pesan dan informasi dengan kekuatan membujuk dan mendidik
target marketnya melalui publikasi di media massa. Special events ini juga dilaksanakan
untuk memenuhi kebutuhan para target market secara ekonomis dan dengan komunikasi yang
efektif. Pola dan kinerja tim menghasilkan koordinasi yang baik sejak sebelum acara,
pelaksanaan hingga setelah special events dilaksanakan.
Keywords : Analisis STOP-SIT, Special Events, Rumah Sakit

Item Type: Book Section
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Novi Andayani Praptiningsih
Date Deposited: 02 Apr 2023 11:43
Last Modified: 02 Apr 2023 11:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22203

Actions (login required)

View Item View Item