EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA PONDOK KOPI PERIODE APRIL-MEI 2022

Islami, Syikka Maulidiah dan Fauziah, Siti (2022) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA PONDOK KOPI PERIODE APRIL-MEI 2022. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FS03-220402.pdf]
Preview
Text
FS03-220402.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan
yang diberikan oleh Rumah Sakit atau instalasi farmasi Rumah Sakit. Penelitian
ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan
kefarmasian di instalasi farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Metode
penelitian ini menggunakan metode deksriptif non- eksperimental. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan
metode survei. Hasil kepuasan yang didapat dari 400 responden yang menerima
pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi menunjukan
tingkat kepuasan berdasarkan 5 dimensi yaitu, untuk dimensi kehandalan
(Reliability) sebesar 84,14% yakni sangat puas, dimensi ketanggapan
(Responsiveness) sebesar 91,88% yakni sangat puas, dimensi empati (Emphaty)
sebesar 93,63% yakni sangat puas, dimensi jaminan (Assurance) sebesar 94,89%
yakni sangat puas, dan dimensi fasilitas berwujud (tangibles) sebesar 93,67%
yakni sangat puas. Dengan nilai rata-rata keseluruhan yan diperoleh yaitu 91,64%.
Skor tersebut berada pada interval 76%-100% dengan kategori sangat puas.
Kata kunci: Kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, BPJS

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: libffs libffs libffs
Date Deposited: 02 Apr 2023 10:42
Last Modified: 02 Apr 2023 10:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21906

Actions (login required)

View Item View Item