Pengaruh Free Cash Flow,Firm Size, Likuiditas, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Studi Pada Perusahaan Manufakur Subsektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2015-2019

Fajriyah, Siti Qottrunnada (2021) Pengaruh Free Cash Flow,Firm Size, Likuiditas, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Studi Pada Perusahaan Manufakur Subsektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2015-2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015074_ Nada Fajriyah.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015074_ Nada Fajriyah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Free Cash Flow, Firm Size, Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan variabel yang diteliti Free Cash Flow, Firm Size, Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas sebagai variabel independen dan variabel Kebijakan Dividen sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Subsektor Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019 dan metode pengambilan sample yang digunakan adalah metode Purposive Sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan (annual reports) serta dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya. Teknik pengolahan yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji hesteroskedatisitas), uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap Kebijakan Dividen dan variabel Firm Size berpengaruh tidak signifikan terhadap Kebijakan Dividen hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi masing-masing 0,003 < 0,025 dan 0,047 > 0,025 dengan t hitung 2,045 > t tabel 1,6802 sedangkan Free Cash Flow, Likuiditas, dan
Leverage tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi masing-masing > 0,025. Hasil uji statistik F menunjukkan bahwa secara simultan variabel free cash flow, firm size, likuiditas, leverage, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen dengan signifikansi sebesar 0,012 < 0,05. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai analisis Adjusted R Square sebesar 0,191 hal ini berarti Free Cash Flow, Firm Size, Likuiditas (CR), Leverage (DER), Profitabilitas (ROA) menjelaskan 19,1% variabel dividend payout ratio (kebijakan dividen) sedangkan sisanya 80,9% (100% - 19,1%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi seperti kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, kepemilikan, risiko saham, corporate governance, kinerja keuangan, dewan komisaris, dan investment opportunity.
Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel independen lainnya dan menggunakan sampel perusahaan yang lebih banyak sehingga memungkinkan hasilnya lebih baik dari penelitian ini dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:42
Last Modified: 23 Feb 2023 01:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21646

Actions (login required)

View Item View Item