Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kelurahan Tugu Selatan Kecamatan Koja Kota Jakarta Utara Tahun 2020

Fitriandayani, Dewi (2020) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kelurahan Tugu Selatan Kecamatan Koja Kota Jakarta Utara Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015175_DEWI FITRIANDAYANI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015175_DEWI FITRIANDAYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif diberikan dari bayi lahir sampai usia 6 bulan dan ketika diberikan makanan padat ASI pun dapat diberikan sampai bayi usia 2 tahun. Manfaat pemberian ASI eksklusif bukan hanya dirasakan pada bayi saja tetapi juga dirasakan pada ibu. Manfaat yang dirasakan oleh ibu yaitu menjarangkan kehamilan, mengecilkan rahim, meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan mengurangi risiko terjadinya kanker. Manfaat yang dirasakan oleh bayi meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan jalinan kasih sayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif di wilayah Kelurahan Tugu Selatan Kecamatan Koja Jakarta Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu-ibu yang memiliki bayi berusia 7-24 bulan yang berada di Wilayah Kelurahan Tugu Selatan Kecamatan Koja Jakarta Utara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden diambil menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengisi kuesioner melalui google formulir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variable paritas (pvalue 0,000), variabel promosi susu formula (pvalue 0,004) dan variable dukungan keluarga (pvalue 0,005). Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa adanya hubungan paritas, promosi susu formula dan dukungan keluarga terhadap pemberian ASI eksklusif. Saran dari peneliti sebaiknya tenaga kesehatan yang berada di puskesmas kelurahan tugu selatan memberikan promotif dan penyuluhan kepada ibu-ibu yang sedang hamil dan sedang menyusui supaya paham akan pentingnya pemberian ASI eksklusif dan diharapkan lebih aktif konsultasi untuk mencari informasi mengenai pemberian ASI eksklusif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ASI Eksklusif
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:50
Last Modified: 21 Feb 2023 07:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21577

Actions (login required)

View Item View Item