Hubungan Pekerjaan Dan Karakteristik Pekerja Dengan Keluhan Nyeri Leher Di Pasar Induk Beras Cipinang Jakarta Timur Tahun 2020

Kurniawan, Haris Wahyu (2020) Hubungan Pekerjaan Dan Karakteristik Pekerja Dengan Keluhan Nyeri Leher Di Pasar Induk Beras Cipinang Jakarta Timur Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015173_HARIS WAHYU KURNIAWAN.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015173_HARIS WAHYU KURNIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nyeri muskulokeletal dileher merupakan masalah kesehatan pada masyarakat modern, yang dimaksud dengan nyeri leher adalah rasa nyeri yang meliputi kelainan saraf, tendon, otot dan ligamen disekitar leher. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pekerjaan dan karakteristik pekerja dengan keluhan nyeri leher pada pekerja kuli panggul di Pasar Induk Beras Cipinang Jakarta Timur. Pengukuran dalam penelitian ini terdiri dari karakteristik individu (umur, pengetahuan) dan faktor pekerjaan (postur kerja, durasi jam kerja, massa kerja, frekuensi angkut, beban). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian sebesar 87 pekerja kuli panggul yang masih aktif bekerja di Pasar Induk Beras Cipinang Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus slovin, yaitu mengambil sampel tidak seluruhnya dengan mengambil sampel menggunakan perhitungan. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan dan bivariat berupa uji chi square. Hubungan variabel dinyatakan signifikan apabila Pvalue ≤0,05. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan hitungan Rapid Entire Body Assessment (REBA) untuk variabel postur kerja. Hasil analisis univariat terbanyak, pekerja mengalami keluhan nyeri leher (66,7%), umur tua (55,2%), masa kerja lama (73,6), durasi jam kerja berisiko (97,7%), frekuensi angkut berisiko tinggi (78,2%), beban berisiko (89,7%), pengetahuan buruk (70,1%), postur kerja buruk (55,2%). Hasil analisis bivariat yang berhubungan dengan keluhan nyeri leher yaitu umur, masa kerja, frekuensi angkut, postur kerja. Hasil bivariat yang tidak ada hubungan durasi jam kerja, beban, pengetahuan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nyeri Leher, Faktor Pekerja, Kuli Panggul
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 21 Feb 2023 05:30
Last Modified: 21 Feb 2023 05:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21575

Actions (login required)

View Item View Item